Articles

TINJAUAN SOSIAL EKONOMI PADA ADOPSI PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA TANAMAN EDAMAME (Studi Kasus di Kelompok Tani Sekar Makmur Desa Soka, Kecamatan Sidorejo, Daerah Tingkat II Salatiga, Propinsi Jawa Tengah).

In Abstract Maret 2007 on Maret 4, 2012 by gunturprimordia

Tinjauan Sosial Ekonomi pada Adopsi Penggunaan Pupuk Organik Cair pada Tanaman Edamame (Studi Kasus di Kelompok Tani Sekar Makmur Desa Soka, Kecamatan Sidorejo, Daerah Tingkat II Salatiga, Propinsi Jawa Tengah).

 

Nukhan W Pribadi

M Adi Asmoro

 

Abstrak: Tujuan penelitian adalah: (1). Untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial terhadap adopsi penggunaan pupuk Organik Cair. (2). Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor sosial ekonomi berpengaruh terhadap adopsi penggunaan pupuk Organik Cair. Penentuan daerah penelitian secara sengaja (purposive) di Desa soka, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga yang dimulai bulan Mei 2004 sampai bulan Agustus 2004. Populasi adalah semua anggota kelompok tani Sekar Makmur sebanyak 48 orang dan diambil sampel sebanyak 40% dari anggota yaitu 24 orang petani. Hasil uji Korelasi (r pearson) diperoleh hasil : (1). Adanya hubungan yang erat dan nyata antara tingkat pendidikan dengan kecepatan adopsi penggunaan pupuk Organik Cair. (2). Adanya hubungan yang erat dan nyata antara skala usaha tani dengan kecepatan adopsi penggunaan pupuk Organik Cair.(3). Adanya hubungan yang erat dan nyata antara umur petani dengan kecepatan adopsi penggunana pupuk Organik Cair. .

Kata Kunci : Adopsi, Pupuk Organik Cair, Usahatani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: