Articles

Pengaruh Konsentrasi EM4 dan Macam Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.)

In Abstract November 2005 on Maret 5, 2012 by gunturprimordia

Pengaruh Konsentrasi EM4 dan Macam Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.)

 

Qomaruddin dan Idiek Donowarti

 

Abstrak:  tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Effective Microorganisme 4 dan macam pupuk kandang yang sesuai bagi pertumbuhan serta hasil kacang panjang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan ulangan terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi EM4 yang terdiri dari 4 level, yaitu Eo (Konsentrasi EM4 oml/l air), E1 (Konsentrasi EM4 5 ml/l air), E2 ( Konsentrasi EM4 10 ml/l air), E3 (Konsentrasi EM4 15 ml/l air). Sedangkan faktor kedua adalah macam pupuk kandang yang terdiri dari tiga level yaitu: Ko (tanpa pupuk kandang), K1 (pupuk kandang ayam), dan K2 (pupuk kandang kambing). Produksi tanaman kacang panjang dengan penambahan EM4 sebanyak 5 ml/l air relatif memberikan hasil paling tinggi, dengan rata-rata produksi 1,35 ton/ha. Macam pupuk kandang yang paling baik digunakan adalah pupuk kandang kambing meski tak berbeda dengan pupuk kandang ayam. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat interaksi antara perlakuan konsentrasi EM4 dan macam pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil kacang panjang

 

Kata kunci: konsentrasi EM4, pupuk kandang, kacang panjang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: